Jumat, 12 Juni 2009

PENINGKATAN KAPASITAS PENYULUH PERIKANAN SWADAYA/KONTAK PELAKU UTAMA PERIKANAN

Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan mengamanatkan kegiatan penyuluhan dilakukan oleh penyuluh PNS, penyuluh swasta dan penyuluh swadaya. Keberadaan penyuluh swasta dan penyuluh swadaya bersifat mandiri untuk memenuhi kebutuhan pelaku utama dan pelaku usaha.

Penyuluh perikanan swadaya selama ini telah berperan penting dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap pelaku utama. Salah satu wadah kelembagaan penyuluhan swadaya adalah Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S). P4S sebagai institusi yang tumbuh, bergerak dan mengakar di masyarakat yang dilatarbelakangi oleh adanya sikap solidaritas antar sesama pelaku utama dan pelaku usaha untuk saling bertukar ilmu dan pengalaman tentang keberhasilannya khususnya dalam bisnis perikanan melalui proses pembelajaran. P4S merupakan lembaga pendidikan bidang pertanian/perikanan dan pedesaan yang dimiliki dan dikelola oleh petani-nelayan baik secara perorangan maupun kelompok.
Dalam rangka meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap dari kontak pelaku utama dalam mengembangkan bisnis perikanan di pedesaan serta untuk menumbuhkan minat dan motivasi kontak pelaku utama untuk secara swadaya melakukan kegiatan penyuluhan perikanan di lapangan, Pusat Pengembangan Penyuluhan (Pusbangluh) BPSDMKP mengadakan kerja sama kemitraan penyuluhan dengan P4S KOPSES di Ciseeng Kabupaten Bogor berupa kegiatan “Peningkatan Kapasitas Penyuluh Perikanan Swadaya/Kontak Pelaku Utama Perikanan” dengan tema “Optimalisasi Peran Penyuluh Swadaya/Kontak Pelaku Utama dalam Mengembangkan Bisnis Perikanan di Pedesaan”, yang dilaksanakan pada tanggal 4-8 November 2008 bertempat di P4S KOPSES Desa Cibeuteung Muara Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Bidang Program Pusbangluh pada tanggal 4 November 2008, dan dihadiri oleh Ketua P4S, Wakil Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor, Wakil Kepala UPTD Penyuluhan Kabupaten Bogor dan Sekretaris Camat Ciseeng Kabupaten Bogor.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 13 orang kontak pelaku utama bidang perikanan dari 13 kabupaten/kota yang berasal dari 7 provinsi, yaitu: Provinsi Sumatera Barat (Kabupaten Padang Pariaman); Provinsi Kalimantan Selatan (Kabupaten Tanah Laut); Provinsi Banten (Kabupaten Pandeglang); Provinsi Jawa Barat (Kabupaten Bogor, Kabupaten Subang, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, dan Kabupaten Cirebon); Provinsi Jawa Tengah (Kabupaten Purbalingga dan Kabupaten Pati); Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (Kabupaten Sleman); serta Provinsi Jawa Timur (Kabupaten Banyuwangi).

Tujuan dari kegiatan ini yaitu: 1) meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap dari kontak pelaku utama dalam mengembangkan bisnis perikanan di pedesaan; 2) menjalin kemitraan penyuluhan yang harmonis antara P4S Kopses dengan kontak pelaku utama bidang perikanan; dan 3) menginisiasi penumbuhan penyuluh swadaya bidang perikanan dari kontak pelaku utama.

Materi dari kegiatan ini yaitu: 1) Peran Penyuluh Swadaya dalam Penyelenggaraan Penyuluhan Kelautan dan Perikanan; 2) Peran P4S dalam Mengembangkan Swadaya Pelaku Utama untuk Meningkatkan Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap serta Menumbuhkembangkan Profesionalisme di Bidang Bisnis Perikanan di Pedesaan; 3) Praktek Budidaya Ikan Gurame; 4) Praktek Budidaya Ikan Lele; 5) Praktek Budidaya Ikan Patin; 6) Praktek Budidaya Ikan Mas; 7) Field Trip/kunjungan lapangan ke Pasar Ikan Tradisional di Parung, Pembudidaya Ikan Hias, Kelompok Pembudidaya Ikan Lele “Tunas Mekar” di Desa Putat Nutug Kecamatan Ciseeng, serta Pusat Pengembangan dan Pemasaran Ikan Hias (Raiser Ikan Hias Cibinong); 8) Inisiasi Penumbuhan P4S Perikanan; dan 9) Penyusunan Rencana Tindak lanjut Peserta.

Pada tanggal 8 November 2008 kegiatan Peningkatan Kapasitas Penyuluh Perikanan Swadaya/Kontak Pelaku Utama Perikanan ditutup oleh Kepala Pusat Pengembangan Penyuluhan, yang diawali dengan dialog antara Kapusbangluh dengan peserta penyuluh swadaya guna mendiskusikan peran penyuluh swadaya dalam penyuluh perikanan.

Salah satu hasil rekomendasi dari kegiatan tersebut adalah Pusbangluh akan melanjutkan kerja sama dengan P4S bidang Perikanan guna meningkatkan kapasitas penyuluh perikanan swadaya/kontak pelaku utama perikanan tahun 2009.


Sumber : Pusat Pengembangan Penyuluhan
(

Tidak ada komentar:

Posting Komentar